Jumat, 28 Januari 2011

Primata Ikut Terancam Punah

Gadis Aksi

Selama ini, kita sering mendapat laporan dari berita tentang beberapa hewan yang berstatus langka. Dan, info dari National Geographic berikut ini, semakin memperpanjang daftar peristiwa itu. Kabarnya, beberapa spesies primata di dunia terancam punah, lho. Sedihnya lagi, empat spesies di antaranya, ada di Indonesia.

Keempat spesies yang hampir punah itu adalah Siau Island tarsier (Tarsius tumpara), Pig-tailed langur (Simias concolor), Javan slow loris (Nycticebus javanicus), dan yang mungkin sudah sering kita dengar Sumatran Orangutan (Pongo abelii). Sementara spesies lainnya, tersebar di negara Asia lainnya, Afrika, Australia, dan Amerika. Hmm, penasaran kan, apa yang menyebabkan mereka terancam punah?
Lagi-lagi jawabannya adalah pemanasan global. Menurut penelitian dari Pennsylvania State University, pemanasan global yang terjadi memicu perubahan cuaca. Nah, perubahan cuaca yang nggak menentu ini mengakibatkan para primata nggak mengenali lagi siklus tumbuhnya pepohonan, tempat mereka hidup. Seperti yang dialami oleh spesies Howler Monkey. Mereka ini adalah pemakan daun. Tapi, karena perubahan iklim, daun-daun pohon itu cepat layu, bahkan terkontaminasi bahan kimia.
Begitu juga yang dialami oleh primata pemakan buah. Buah-buah yang mereka konsumsi langsung dari pohon, kebanyakan tumbuh lebih cepat dari jadwal biasanya. Kelompok primata ini jadi sulit menyesuaikan diri sama siklus yang baru dan berubah-ubah terus ini. Akibatnya, mereka stres dan akhirnya kesulitan mendapat makanan. Yuk, kita sama-sama memerangi global warming demi kelanjutan hidup para primata

sumber: www.Gadismagz.com

0 comments:

Posting Komentar

Comment here!